Sabtu, 03 April 2010

Sejarah MAPALA Teknisi

MAPALA Teknisi FT UNM
N a m a
Organisasi ini bernama Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Teknisi Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Sejarah
Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Teknisi FT UNM berdiri sebagai unit aktifitas kegiatan mahasiswa yang bernaung dibawah panji Fakultas Teknik UNM. MAPALA Teknisi berdiri sejak 13 Tahun yang lalu, tepatnya pada hari Senin, tanggal 9 oktober 1995 yang dicetuskan oleh tiga orang pendirinya, yaitu :
 Kanda Irwansyah S.Pd (Mesin Angk “92)
 Kanda Mulyadi, S.Pd (Bangunan angk “92)
 Kanda Herman Suardi S.Pd (Teknik Mesin angk “92)
Pendeklarasian organisasi ini dilaksanakan dikawasan wisata alam Biseang Labboro’ Kab. Maros dengan nama Teknisi Cinta Alam (TCA) dan diubah menjadi Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Teknisi pada musyawarah kerja II tahun 1999 yang bertempat di ruang senat Mahasiswa Fakultas Teknik UNM
MAPALA Teknisi merupakan organisasi di tingkat Fakultas yang menampung bakat dan minat serta potensi Kepecintaalaman mahasiswa Teknik UNM dalam mengembangkan Tri dharma Perguruan Tinggi dengan visi yaitu “MAPALA Teknisi sebagai wahana intelektual untuk melahirkan teknokrat yang berwawasan lingkungan sebagai manifestasi dari potensi kepecintaalaman dan disiplin ilmu mahasiswa“ dan mempunyai misi yaitu ”untuk mengembangkan potensi mahasiswa dan kecendekiawanan yang berwawasan dan ramah lingkungan”
Dari visi dan misi tersebut diharapkan dari perjalanan organisasi ini MAPALA Teknisi dapat menjadi yang terbaik dan mencapai tujuannya yaitu “Terciptanya sumber daya anggota yang berkualitas yang mampu menyelenggarakan tugas struktural dan fungsional serta dapat mengimplementasikan potensi kepecintaalaman dan disiplin ilmu mahasiswa yang dimiliki sebagai teknokrat yang berwawasan dan ramah lingkungan “
Adapun maksud dari visi dan misi serta tujuan tersebut adalah mengkolaborasikan antara potensi kepecintaalaman dengan disiplin ilmu keteknikan agar tercipta sinergitas yang menjadikan seorang mahasiswa sekaligus teknokrat yang memiliki wawasan dan kepedulian akan kelestarian lingkungan hidup.
MAPALA Teknisi mendasarkan kegiatannya pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berwawasan almamater, berazaskan kekeluargaan dan bersifat RESOSIL (Rekreasi, Olagraga, Sosoal dan Ilmiah). Rekreasi berarti kegiatan untuk menikmati dan menghayati keindahan alam, Olahraga berarti kegiatan olah tubuh dialam bebas, Sosial berarti bahwa kegiatan MAPALA Teknisi berorientasi pada pengabdian masyarakat, sedangkan Ilmiah mruapakan kegiatan MAPALA Teknisi yang mencakup kegiatan pengembangan daya nalar untuk kepentingan kelangsungan lingkungan hidup.

Sistem Pembinaan dan Pengembangan Anggota
Dalam membina dan mengembangkan anggota MAPALA Teknisi terbagi dalam status keanggotaan yaitu: anggota muda, anggota tetap, anggota kehormatan, Anggota luar biasa. Sistem pendidikan yang digunakan bersifat khusus dan berkesinambungan:
a. Sistem rekruitmen, dengan menggunakan suatu pendidikan dasar (DIKSAR) sekali dalam setahun. Diksar ini terbagi menjadi diklat indoor untuk teori dan diklat out door sebagai aplikasinya.
b. Pendidikan dan pengembangan fase orientasi umum, setelah lulus Diksar dan diterima sebagai anggota muda MAPALA Teknisi, diadakan pengenalan-pengenalan lanjutan meliputi lingkungan hidup, materi keorganisasian dan olahraga alam bebas.
c. Pendidikan dan pengembangan fase spesialisasi, setelah melampaui fase orientasi umum, anggota muda dapat memilih bidang olahraga yang diminati untuk mendapatkan materi-materi pendalaman. Untuk materi lingkungan hidup dan keorganisasian merupakan materi wajib yang harus dipelajari.
d. Fase pengembangan bagi anggota secara keseluruhan melalui kegiatan-kegiatan MAPALA Teknisi
Dan disamping bidang-bidang kegiatan yang ada, MAPALA Teknisi juga mempunyai wadah lain bagi pengembangan pribadi anggota dan organisasi melalui media jurnalistik SETAPAK, yaitu Sajian berita Petualangan dan AdvoKasi dan Majalah Dinding BOULDER, sebagai sarana informasi dan komunikasi kepecintaalaman dan lingkungan hidup.

Fasilitas Bagi Anggota
Dengan menjadi anggota MAPALA Teknisi banyak manfaat yang bisa diperoleh. Setiap anggota mempunyai hak untuk menggunakan dan memanfaatkan fasilitas organisasi, diantaranya peralatan dan perlengkapan olah raga alam bebas, memanfaatkan perpustakaan dan dokumentasi MAPALA Teknisi, menambah pengetahuan tentang kepecintaalaman dan lingkungan hidup melalui terbitan-terbitan buletin Setapak dan majalah dinding Boulder, serta kesempatan-kesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan MAPALA Teknisi maupun pihak-pihak luar baik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional. Selain itu manfaat yang lain adalah dari segi pengelolaan dan manajemen organisasi.

Ketua Umum MAPALA Teknisi Berdasarkan Periodenya

1. Sapril, S.Pd (Elektro angk.95) (ketua umum periode 1996-1999)
2. Alim Bachry S.Pd (Elektronika angk.95) (ketua umum periode 1999-2000)
3. Ilham Sade S.Pd (Elektronika angk.95) (ketua umum periode 2000-2001)
4. Muh. Janes S.Pd (Jur. Mesin angk.96) (ketua umum periode 2001-2002)
5. Ilham Djafar A.Md (Elektronika angk.99) (ketua umum periode 2002-2003)
6. H a p r i (Jur. Elektronika angk.99) (ketua umum periode 2003-2004)
7. Husni Muhammad S.Pd (Mesin angk.99) (ketua umum periode 2004-2005)
8. Ibnu Munsir A.Md (Elektronika angk.01) (ketua umum periode 2005-2006)
9. Alamsyah Salim S.Pd(Elektronika angk.00) (ketua umum Periode 2006-2007)
10. David Nayoan (Mesin. Angk.03) (PAW ketua umum 2006 – 2007)
11. Syamsul Efendi (Otomotif angk.03) (ketua umum periode 2007-2008)
12. Munawir Thamrin (Mesin angk.04) (ketua umum periode 2008-2009)
13. Rifal Herman (Mesin angk.04) (ketua umum periode 2009-skrg)


Prestasi dan Kegiatan
Sampai dengan usianya yang hampir ke-13 tahun, prestasi-prestasi yang sudah diraih MAPALA Teknisi diantaranya:
• Penghijauan kampus (aksi kampus I) 1999
• Ekspedisi GAS I (pendakian gunung Gede, Agung, Semeru), 2000. Bidang pendakian dan observasi Taman Nasional Jawa Barat, Bali dan Jawa Timur).
• Juara III Tingkat Nasional Lomba Rimba Raya, 2000. Dilaksanakan oleh Mapala UMI
• Penghijauan Kampus (Aksi kampus II) 2000
• Ekspedisi GAS II (pendakian gunung Gede, Agung, Semeru), 2001. Bidang pendakian dan observasi Taman Nasional Jawa Barat, Bali dan Jawa Timur).
• Latihan dan Pemantapan (LAPAN) 2002, bekerja sama dengan BAPEDAL Reg. III, WALHI Sulsel, LBH Sulsel dan BASARNAS Prop. Sulsel
• Penghijauan kampus (aksi kampus III) 2002
• Juara I Tingkat Nasional Lomba Cross Country Wisata. 2002. Dilaksanakan oleh HIMA Geologi UNHAS.
• Pekan Peduli Lingkungan Hidup PPLH, 2002.
• Juara II Tingkat Nasional Lomba Napak Tilas,2003. Dilaksanakan oleh Mapala Univ. 45
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup II Kab Sinjai, 2004
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup III Kab Selayar, 2004
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup IV Kab Soppeng, 2005
• Koord Forum Pemerhati Lembanna Mapala Se- UNM, 2006. Advokasi Kasus sengketa tanah Lembanna
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup V Kota Parepare, 2006
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup VI Kab. Polewali Mandar, 2008
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup VII Kab. Jeneponto, 2009
• Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup VII Kab. Maros, 2009
• Penelitian Berupa Observasi diberbagai Taman Nasional di Indonesia.
• Pendidikan: Pelatihan Dasar Pecinta Alam untuk tingkat SMU
• Lain-lain: Mengadakan kampanye stop Vandalisme, aksi sticker dan poster, Musik Hijau, dll. Memperingati hari lingkungan hidup se-Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar